12 Peluang Usaha Minuman Modal Kecil di Bawah 10 Juta

Topindosolusikomunika.com - Membuka bisnis tidak harus dengan modal super besar dan harus capek-capek hutang atau mencari investor. Ini memang bagus dan kemungkinan Anda untuk tumbuh besar dengan cepat jadi lebih besar. Pastinya dengan modal besar ini Anda juga menghadapi risiko yang besar. Untungnya selalu ada jalan, Anda bisa usaha modal minuman modal kecil.


Usaha ini dinilai awet dan tidak akan termakan jaman. Selain itu, modalnya pun juga sangat murah.


Jika Anda telaten, bukan tidak mungkin kalau usaha jadi berkembang pesat dan mampu mempekerjakan banyak karyawan.


Pastinya hal ini tidak dibekali dengan keuletan dan kerja keras saja, akan tetapi sejumlah strategi dan manajemen yang baik.

12 Peluang Usaha Minuman Modal Kecil di Bawah 10 Juta - Topindoku


Peluang Usaha Minuman Modal Kecil

Berikut adalah peluang usaha minuman modal kecil yang menjanjikan dengan modal berkisar antara tiga ratus ribu sampai sepuluh jutaan saja.


1. Es Teh (Dengan Berbagai Pilihan Rasa)

Siapa yang tidak suka dengan teh? Bisnis ini sangat menggiurkan karena tidak pernah jenuh. Entah musim dingin, musim panas, atau sebagai teman makan. Orang Indonesia tidak pernah lepas dari minuman ini.


Teh sudah menjadi bagian dari budaya kuliner masyarakat Indonesia. Uniknya lagi, pasar usaha ini sangat luas sehingga menjanjikan untung yang besar.


Ada banyak sekali bisnis teh terkenal yang bisa jadi referensi Anda. Tentunya beberapa modifikasi perlu dilakukan agar membedakan jenis produk Anda dengan kompetitor.


Misalnya dengan variasi rasa, jenis teh sampai dengan service.


Anda bisa menjual es teh/teh panas di kisaran Rp. 5000/cup. Untuk penambah rasa harganya bisa dinaikkan lagi menjadi Rp. 7000- Rp. 10.000 (tergantung biaya yang Anda keluarkan, namun rata-rata harga bahan perasa tidak terlalu signifikan).


Jika Anda berhasil menjual 50 cup saja per hari, bayangkan omset yang Anda raih. Terlebih lagi teh ini bahannya mudah sekali didapat dan dimodifikasi.


2. Boba Milk Tea

Ini adalah varian minuman teh yang sedang booming. Kombinasi brown sugar dan bola-bola tapioka membuat minuman ini disukai banyak orang, terutama anak muda.


Harga per cup minuman ini lebih mahal dari kebanyakan minuman lainnya, kisaran Rp. 15.000-Rp. 50.000, tergantung kualitas dan varian rasa yang disajikan.


Ada banyak sekali jenis boba pearl yang bisa Anda beli dengan kisaran Rp. 20.000/kg.


Dengan cara pembuatan yang mudah dan bahan baku yang mudah didapatkan, tidak sulit membesarkan usaha minuman ini.


3. Es Degan

Es degan? Ya, ini adalah bisnis minuman sepanjang masa yang bisa dijadikan referensi.


Es Degan ini pembuatannya sangat mudah dan bahkan disukai banyak orang. Anda bisa mengeluarkan modal sekitar 4 juta untuk membuka gerai es degan dengan kemasan yang lebih profesional.


Meskipun es degan ini terkenal sebagai es tradisional, bukan berarti Anda tidak bisa memodifikasinya. Ada banyak sekali yang bisa Anda lakukan dengan es degan, seperti menambahkan cita rasa duren, susu dsb.


Harga degan dari petani ini terbilang murah, mulai sekitar Rp. 4000 per buah. Jikalau Anda enggan mengeluarkan modal lagi untuk varian rasa, tidak usah khawatir, banyak orang yang suka dengan es degan original.


Cukup diberi es batu dan sedikit gula sudah nikmat. Bisnis minuman ini tentu saja tidak akan pernah habis dan disukai orang-orang.


Apa lagi kalau Anda buka di sekitar pantai atau pusat keramaian seperti kampus dan tempat wisata misalnya.


4. Sari Tebu

Siapa sangka kalau sari tebu punya potensi yang menggiurkan. Anda bisa memulai dengan modal sekitar Rp. 4 juta saja.


Namun bila Anda ingin mengemasnya dengan cara yang lebih profesional seperti pengadaan booth, cup, sewa tempat di lokasi strategis dan mesin yang kuat, modal sekitar Rp. 10 juta sudah cukup untuk menjalankan bisnis Anda.


Rata-rata di pasaran harga sari tebu siap minum kisaran Rp. 4000- Rp. 8000 saja. Meski demikian hal ini juga tergantung dengan kreativitas Anda dalam hal kemasan, variasi rasa dan juga faktor lainnya.


Soal untung, es tebu ini juga cukup menjanjikan apa lagi dengan harga bahan baku (tebu) yang murah, kisaran Rp. 5000 per kg. Untuk membuat es tebu dengan jumlah 5 gelas, diperlukan 2 kg tebu.


Artinya modal per gelasnya hanya Rp. 2000 (untuk bahan baku saja). Bayangkan bila Anda menjualnya Rp. 8000 per cup. Anda sudah balik modal.


Peluang usaha minuman modal kecil ini cukup menggiurkan bukan?


5. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan salah satu kuliner idola banyak orang. Kuliner dari kota Makassar ini menjanjikan prospek yang bagus.


Dengan modal sekitar Rp. 8 juta rupiah, Anda bisa membuka bisnis ini dengan cara yang profesional.


Ini sudah termasuk harga sewa tempat dan biaya operasionalnya dan gaji karyawan selama sebulan. Cara pembuatannya pun juga mudah.


Untuk satu gelas pisang ijo bisa Anda jual sekitar Rp. 5000 – Rp. 8000. Apa bila Anda berhasil menjual sekitar 100 cup per hari, Anda bisa meraup omset setidaknya sekitar Rp. 15 juta.


Yang pasti ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha, dari lokasi dan kualitas produk yang dijual. Tentu dengan promosi.


6. Es Kepal Milo

Meskipun sempat popular, dan kini menghilang bak ditelan bumi, bukan berarti peminat Es Kepal Milo tidak banyak. Tentu saja ini dipengaruhi dengan banyak faktor seperti kebiasaan latahnya orang Indonesia.


Kebiasaan ini membuat gerai Es Kepal Milo menjamur dimana-mana dan sekarang bak ditelan bumi, Es Kepal Milo seakan kehilangan popularitas.


Meski demikian Anda bisa mengambil peluang ini karena jumlah pesaing sedikit. Untuk menaikkan kembali pamor Es Kepal Milo, Anda perlu melakukan sedikit terobosan produk dan strategi pemasaran.


Lalu kenapa kami masih menyarankan bisnis ini? Karena modalnya murah! Perlengkapan usaha dan bahan baku setidaknya membutuhkan modal sekitar Rp. 5 juta (di luar sewa tempat dan biaya karyawan).


Es Kepal Milo ini penjualannya sekitar Rp. 7000 – Rp 12.000 per cup dengan berbagai macam variasi topping. Misalnya dengan menambahkan buah segar atau kacang-kacangan.


Dijamin hal ini akan menambahkan value produk Anda.


7. Es Cincau Hijau

Satu lagi bisnis minuman murah yang tidak lekang dimakan jaman adalah Es Cincau Hijau. Minuman ini sangat pas dikonsumsi saat terik matahari dan buka puasa.


Rasa cincaunya juga memanjakan perut sehingga banyak orang yang masih gemar membeli cincau.


Selain itu proses pembuatannya pun juga mudah. Anda hanya perlu brown sugar, santan dan cincau hijau. Untuk varian bisa ditambahkan tape ketan hitam. Rasanya sangat nikmat dan menyegarkan!


Nah bagaimana dengan modalnya?


Untuk memulai bisnis ini dengan cara profesional, Anda bisa mulai dengan modal sekitar Rp. 6 juta. Biaya ini termasuk dengan biaya operasional selama sebulan, bahan, gerobak dan peralatan (Belum termasuk sewa tempat).


Anda bisa menjual es cincau ini dengan harga variatif. Es cincau pada umumnya dijual sekitar Rp. 5000 (dengan kemasan ciamik).


Jika Anda berhasil menjual 50 mangkuk dalam sehari, Anda sudah bisa balik modal hanya dalam beberapa bulan saja.


8. Es Jus

Masih ragu kalau usaha bisa dengan modal kecil? Coba saja Jus! Siapa yang tidak suka dengan minuman ini? Cara pembuatannya praktis dan tidak perlu banyak praktik.


Anda hanya butuh juicer, buah yang berkualitas, gula, susu dan es.


Mudah bukan?


Usaha ini merupakan salah satu yang paling stabil dan tidak termakan oleh jaman.


Untuk modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Ada banyak penjual jus yang mengawali usahanya dengan juicer, meja sederhana, beberapa jenis buah, es, gula dan susu. Modal dan sewa tempat di bawah Rp. 5 juta.


Baru ketika bisnis Anda sudah berkembang pesat, Anda bisa membuat gerobak baru! Tapi jika Anda siap dengan modal yang lebih besar, tentu saja akan jauh lebih baik.


Jangan lupa memilih lokasi yang strategis karena sejatinya hal ini memiliki faktor besar dalam menentukan keberhasilan usaha Anda. Intinya, maksimalkan segala faktor penentu kesuksesan dari bahan, kemasan, strategi pemasaran sampai dengan interaksi ke pelanggan.


Bisnis jus ini memang banyak pesaingnya, akan tetapi pelanggan selalu punya selera. Untuk itu, pastikan Anda memiliki pembeda!


Mungkin Anda fokus pada jenis jus sehat dengan kualitas buah premium dan jus yang lebih kental. Atau mungkin Anda punya ide lain seperti penambahan topping.


9. Es Cendol

Satu lagi es tradisional yang bisa Anda coba adalah es cendol. Es Cendol ini masih digemari siapa saja. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan sedikit inovasi baik pada produk dan kemasan agar ada pembeda.


Tidak mahal jika mau membuka bisnis minuman ini. Modal untuk buka warung es cendol profesional masih berada di bawah Rp. 10 juta.


Katakan saja modal investasi untuk peralatan adalah Rp. 3 juta dan biaya operasional sebulan Rp. 2,5 juta. Ini belum termasuk biaya sewa tempat dan gaji karyawan.


Namun dari sini Anda sudah bisa melihat potensi keuntungan. Katakan saja Anda menyewa tempat dan gaji karyawan butuh Rp. 2 juta. Total modal sekitar Rp. 8 juta (plus biaya tak terduga). Kemudian Anda menjual satu porsi es cendol seharga Rp. 8 ribu per cup.


Jika Anda bisa menjual 50 cup per hari, satu hari omset Anda adalah Rp.400.000. Atau tembus Rp. 12 juta dalam sebulan. Biaya ini sudah cukup untuk mencicil balik modal.


Setidaknya sekitar 2-3 bulan Anda bisa balik modal dengan angka penjualan minimal 50 cup sehari.


Jika strategi dan tempat bagus, Anda bisa menghasilkan lebih dari itu.


10. Kedai Kopi

Siapa bilang buka kedai kopi itu mahal? Modal kurang dari sepuluh juta sebenarnya sudah cukup untuk memulai usaha ini, asal Anda sudah punya tempatnya. Bisnis ini memang tidak pernah ada habisnya terlebih gaya hidup masyarakat Indonesia sekarang sangat gandrung dengan kopi, entah di pagi hari atau malam hari.


Untuk acara apa pun, kopi sepertinya tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat ini.


Ada banyak sekali warung kopi sederhana yang justru didatangi pengunjung. Jika Anda suka melakukan modifikasi kopi, Anda bisa mengombinasikannya dengan susu, tiramisu, coklat dan masih banyak lagi.


Bahkan kalau Anda benar-benar modal kecil, kopi sachet pun bisa Anda jual. Konsumen tidak terlalu mempermasalahkan hal ini asalkan tempatnya nyaman.


Namun, akan lebih bagus bila Anda tidak nanggung dalam berbisnis kedai kopi karena sekarang banyak sekali warung kopi yang gulung tikar akibat tidak sanggup bersaing.


11. Bisnis Cold Brew

Cold Brew? Ya! Ini adalah kopi seduh dingin yang sekarang sedang naik daun. Bahkan Anda tidak perlu cafe atau kedai yang besar untuk menjalankan bisnis ini.


Anda hanya perlu alat penyeduh dingin dengan harga mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.


Bahkan tidak sedikit pengusaha cold brew menggunakan alat seduh manual.


Kunci kesuksesan bisnis ini selain pada strategi marketing, adalah kualitas kopi yang ditawarkan. Sangat disarankan bila Anda bertanya pada ahlinya. Selain itu, branding juga sangat perlu agar pengaruh produk melekat di kepala konsumen.


Cold brew ini dinilai lebih mahal dari kopi biasa karena menggunakan alat spesial dan ketajaman pemilihan kopi dan kepiawaian penyajiannya.


Aroma dan rasnya jauh lebih kuat. Meski demikian, penambahan es justru akan merusak rasanya. Makanya prosesnya bisa dibilang cukup rumit.


Setelah kopi ini digiling, kemudian akan direndam dan air rendaman inilah yang punya rasa kuat dan nikmat saat disajikan dengan susu dan disajikan dalam keadaan dingin.


Anda bisa mulai bisnis ini dengan cold brew keliling. Tentunya akan lebih mudah menarik konsumen jika Anda berhasil memperoleh target pasar yang tepat.


12. Minuman Susu Kedelai Aneka Rasa

Es susu kedelai menjadi alternatif pilihan bagi para pelaku usaha. Ketimbang susu sapi yang lebih mahal, susu kedelai juga menyimpan potensi profit yang besar.


Terlebih permintaan pasar tentang produk olahan yang lebih sehat semakin tinggi.


Modal untuk membuka bisnis ini tidaklah mahal. Investasi alat sekitar Rp. 3,5 juta dan biaya operasional dalam sebulan sekitar Rp. 3 juta.


Asumsikan penjualan Anda adalah Rp. 2000 per bungkus plastik susu kedelai. Dan target Anda adalah 150 bungkus dalam satu hari.


Jika Anda berjualan selama 30 hari, setidaknya Anda bisa menghasilkan omset Rp. 4.5 juta dalam sebulan. Ini pun jika Anda mengemasnya secara sederhana.


Bila Anda memiliki ide kreatif dengan penambah varian rasa misalnya, tentunya value produk bisa jauh lebih bagus. Ini tergantung pada Anda.


Nah, itulah daftar peluang usaha minuman modal kecil yang bisa Anda coba. Ada banyak sekali yang bisa Anda gali selain daftar di atas. Kuncinya dalam sebuah bisnis adalah persiapan. Ini tidak hanya soal modal untuk bahan dan operasional.


Pastikan Anda sudah menentukan target pasar Anda juga agar bisa menentukan kisaran harga produk dan porsi produk.


Untuk kualitas, saran kami agar dijaga dengan baik mengingat bisnis makanan dan minuman ini sangat riskan.


Sekalinya kualitas produk jelek, berita ini akan terus menyebar dari konsumen ke konsumen.


Selain itu, jangan pernah memaksakan kemampuan Anda. Jika kemampuan Anda adalah membuat bisnis yang sederhana, itu lebih baik untuk meminimalisir risiko.


Ada banyak pebisnis yang bilang pebisnis hebat adalah yang berani ambil risiko. Namun dibalik kata itu, Anda juga harus realistis.


Jangan sampai Anda menggunakan uang dapur untuk keperluan bisnis karena hal ini bisa menjerumuskan Anda pada hutang. Jika Anda memang berniat ingin mencari modal, jalankanlah bisnis Anda kecil-kecilan kemudian pastikan cash flow berjalan dengan baik.


Agar usaha minuman bisa lebih maksimal, yuk daftar Topinduku Grosir.


Itulah peluang usaha minuman modal kecil mulai dari 300 ribu sampai 10 jutaan, tidak terlalu besar namun memiliki prospek yang cukup bagus. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Cari Blog Ini

CARA PENDAFTARAN

SILAKAN KETIK
TOPMD.NAMA.KOTA

CONTOH:
TOPMD.TOKO PULSA.PONTIANAK

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

08115786665
08115786667
08568582020
085216992010
085310272011
085213812014
085213812015
085215082016
085798866664
085798866662
085798866668
085798866669

WhatsApp Center

: 085230563057

: 081256978998

: 081256969989

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
817.0977.689

BNI
876.1111.117

MANDIRI
146.002.021.1111

BANK BRI
008.901.000.997.300

Semua Rek A/N :
PT. Topindo Solusi Komunika