Penyebab Kenaikan Harga Pulsa Telkomsel

TopindoSolusiKomunika.com - Halo Mitra Master / Agen dimana pun berada. Pada kesempatan yang lalu-lalu kami pernah menjelaskan mengenai aturan Cross Cluster dan Cross region yang diberlakukan operator dalam menjalankan distribusi pulsa.

Simplenya : cross cluster adalah kondisi dimana user melakukan top up pengisian pulsa ke nomor yang berada di luar cluster dealer yang bersangkutan. Cross region mengisi keluar region misal kalimantan ke Jawa Timur, Jawa Timur ke Jawa Tengah dan seterusnya.

Penyebab Kenaikan Harga Pulsa Telkomsel

Ada lagi produk modern channel yang saat ini tidak dibatasi untuk wilayah namun untuk menjadi modern channel memang perlu syarat yang ketat, tidak semudah jalur tradisional.

Skip...

Mengapa harga pulsa telkomsel naik???

Alasannya adalah


  1. Saat ini ada isu Denom 10K modern channel akan di hapuskan/ diganti dengan denom 15K, akhir-akhir ini harga pasaran cukup “hancur” dan banyak dealer tradisional melimpahkan kesalahan dan menyalahkan modern channel. Saat ini hal ini sedang dalam pembahasan dan menjadi perdebatan, untuk modern channel ini Admin tidak punya kapasitas untuk menjelaskan lebih detail karena belum sampai kearah sana
  2. Diberlakukannya aturan baru dimana perhitungan cross cluster dan cross region dilakukan dengan cara akumulasi ( dihitung all denom 5-10-20-25-50-100) . Sebelumnya di split antara denom kecil 5-20 dengan denom besar 25-100. Akibatnya secara hitung-hitungan matematis, nilai OC dan OR yang boleh dikeluarkan menjadi lebih sedikit. Dan dealer biasanya lebih memprioritaskan membuang denom gede melalui jatah oc dan or yang ada. Karena denom gede biasanya cenderung kurang liquid dan sangat menyulitkan dealer jika numpuk
  3. Diberlakukannya secara ketat aturan register perdana, dulunya dealer diberikan kelonggaran bahwa “dosa” transaksi oc dan or akan di amnesti jika mampu mencapai target aktivasi,saat ini aturan tsb tidak ada lagi sehingga point no 2 kembali secara ketat dilakukan.


Akibatnya :

Stok denom kecil 5-10 langka dipasaran, harga melambung tinggi karena adanya ketidak seimbangan antara permintaan dan penawaran. Mekanisme pasar terjadi.

Kesimpulan :

Kenaikan harga ini menurut saya bersifat sementara dan berimbas hampir pada seluruh server pulsa, menjelang lebaran nanti badai ini akan reda. Setelah lebaran jika isu tsel 10k dan 20k modern channel benar terjadi, harga dipastikan akan melambung kembali.

Catatan :

Mengapa Topindo launching di saat-saat seperti ini ???

Apakah Topindo/Top auto payment/Toppulsa tidak terkena imbasnya ???

Mengapa Topindo memilih jual murah ke retail, sedangkan kalau sekarang jual ke pasar h2h pasti untung besar?

Jawabannya adalah : 
Sebelum kenaikan harga ini, saya sudah memprediksi bakal terjadi, indikasinya pada registrasi yang tidak dapat dilakukan sehingga program amnesti tidak dapat dijalankan. Satu yang diluar prediksi saya adalah adanya isu modern channel stok 10K dihilangkan.

Oleh karena itu saya sudah menyimpan stok denom kecil untuk kebutuhan server pulsa dibawah naungan saya untuk 1 bulan kedepan serta memiliki jaringan supply berkepanjangan yang bisa di andalkan.

Sehingga harga tetap bisa kita jaga setidaknya menunggu badai ini lewat.

Grup topindo jg terkena imbasnya, 
Namun tidak berefek ke retail, Toppulsa sebagai server induk yang melayani h2h saat ini harga juga hancur-hancuran, tapi retail tetap dilindungi hingga badai berlalu.

Kita saat ini memprioritaskan retail karena retail sifatnya jangka panjang dan cenderung loyal, kalau h2h selisih 5-10 rupiah juga ditinggalkan.

Kekuatan transaksi h2h cocok dijadikan untuk melarikan barang, namun kurang cocok untuk dijadikan patokan kekuatan trx pasti. Selain itu kalau retail menarik semua stok kita baik murah/ mahal kalau h2h hanya stok murah.

Demikian penjelasan saya, semoga dapat menjawab sedikit banyak bagi teman2 yang masih awam.

Terima Kasih
TTD Owner PT. Topindo SOlusi Komunika
SEIKO MANITO

0 Response to "Penyebab Kenaikan Harga Pulsa Telkomsel"

Posting Komentar